-->

Wednesday, July 19, 2017

PREGNANCY POSTS (FINAL) : Hello Baby Namira

Memasuki bulan ramadhan taun ini terasa sangat spesial untuk saya dan mas suami. bukan hanya karena ini pertama kalinya kami menjalani bulan puasa sebagai suami istri, tapi juga karena kami sedang menanti kelahiran adik bayi yang diprediksi akan lahir dipertengahan bulan ramadhan. 14 Juni 2017 akan menjadi minggu ke 40 kehamilan saya yang juga merupakan hari prediksi kelahiran adik bayi. namun entah kenapa, saya sangat yakin adik bayi akan lahir di usia kandungan 38 minggu. saking yakinnya, saya belum packing perlengkapan yang akan saya bawa ke rumah sakit, kepedean ya hehehe. kepedean ini saya tularkan juga ke adik bayi melalui bisikan-bisikan saya setiap hari sambil elus-elus perut, 
"de, lahirnya nanti pas mama udah selesai packing ya. lahirnya pas 38 minggu dan langsung lahir ya tanpa induksi" 
kira-kira begitulah bisikan saya hampir setiap hari ke adik bayi. saya selalu menekankan setiap hal yang kami harapkan dalam proses persalinan nanti dalam setiap percakapan saya dengan adik bayi. dari mulai melahirkan normal tanpa sakit di 38 minggu, hingga lahir tanpa induksi. saya yakin, dengan sering berkomunikasi dengan adik bayi, insya allah adik bayi dengar dan akan membantu semua prosesnya. oiya, saya sangat takut dengan induksi. walau sudah ngobrol-ngobrol dengan teman dan baca-baca blog orang yang menjalani persalinan dengan induksi untuk menguatkan mental, saya belum juga mendapatkan keberanian kalau amit-amitnya harus diinduksi. saya sampai berpesan ke mas suami, kalau sampai saya harus induksi saya minta untuk di caesar saja (iya tau, saya mah cemen emang). 


dan akhirnya, minggu ke 38 itupun tiba.


-------
29 Mei 2017, 38 Weeks 1 Days. 
hari itu saya bangun lebih pagi dan langsung melakukan prenatal yoga dirumah. sejak usia kandungan 4 bulan, saya memang selalu berusaha memaksimalkan weekend saya untuk memperlancar persalinan. entah hanya untuk jalan keliling komplek, yoga dirumah, ataupun mengikuti workshop tentang kehamilan dan persalinan. selesai prenatal yoga, saya langsung ngepel ala inem dan kerja bakti beres-beres rumah bareng mas suami demi memperlancar persalinan. capek? alhamdulillah enggak kerasa. saya malah sangat bersemangat sampai lupa waktu dan sakit pinggang kemudian hehehe. 
sampai hari itu pun saya belum merasa ada tanda-tanda akan melahirkan. padahal saya selalu mengajak ngobrol adik bayi agar lahir dikisaran 38 weeks. agak kecewa sih, dan mulai pasrah mungkin adik bayi belum mau lahir. 

30 Mei 2017, 38 Weeks 2 Days. 
bangun kesiangan. 
saya langsung buru-buru mandi karena hari itu saya akan kontrol mingguan ke dokter kandungan sebelum berangkat ke kantor. iya, saya belum mengajukan cuti hingga usia kandungan 38 weeks. saya baru berencana cuti seminggu kemudian demi bisa selama mungkin dirumah pasca persalinan. sebenarnya perut rasanya udah turuuun banget dan nafas udah mulai ngos ngosan. tapi karena belum ada tanda-tanda persalinan, ya lanjut dulu aja kerja hehehe. 
dan ternyata, flek itu muncul ! 
sempet shock dan bingung mau ngapain, antara seneng karena sebentar lagi mau ketemu adik bayi, dan deg-degan karena dalam hitungan hari atau bahkan jam saya akan merasakan gelombang cinta yang katanya nikmat sekali. selain itu, saya juga sempat khawatir karena dari pemeriksaan terakhir adik bayi masih terlilit tali pusar. sayapun langsung buru-buru bangunin mas suami yang masih tidur. 

saya : by, kayanya mau lahiran deh
mas suami : (dengan setengah sadar dan muka panik) hah hah kenapa? 
saya : ngeflek nih, tapi ga ada mules sih kayanya masih lama
mas suami : oh hm, yauda tenang. 

iya tenang. saking tenangnya doi tetep lamaa aja mandinya. bahkan mas suami sempet milih-milih baju yang mau dipakai dulu. saat saya tanya ko lama dan ngapain milih baju dulu, mas suami menjawab dengan muka excited, kan mau menyambut adik bayi
seketika suasana menjadi haru..... *mamah melow* 
selesai mas suami siap-siap, kami langsung menuju rumah sakit. sepanjang jalan menuju rumah sakit, saya tidak merasa ada tanda-tanda mules sedikitpun. cuma sesekali perut agak kenceng, itupun tidak lama. saya jadi ga yakin akan melahirkan dalam waktu dekat. wong katanya jarak dari flek ke waktu melahirkan sesungguhnya ada yang lebih dari satu minggu. 
sesampainya di rumah sakit, dokter langsung melakukan pengecekan. seperti biasa, dr Kinky selalu menyambut kami dengan ramah. saya bercerita tentang flek yang saya alami tadi pagi namun sampai saat ini belum terasa mules. dengan santainya dr Kinky mengajak kami untuk melakukan pengecekan. alhamdulillah adik bayi sudah tidak terlilit tali pusar,bayi sudah di posisi lahir, namun belum terkunci sehingga dokter tidak melakukan cek dalam karena kemungkinan belum ada pembukaan atau pembukaan masih sangat kecil. dokter juga bilang selama belum mules, saya masih diperbolehkan aktivitas seperti biasa. yasudahlah selesai periksa, saya langsung menuju kantor lagi hari itu. dikantorpun saya masih melakukan aktivitas seperti biasa. bahkan saya masih jalan kaki sendirian ke braga untuk makan siang. tapi entah kenapa mendekati jam pulang saya ada feeling mau melahirkan. saya segera merapihkan meja dan membawa laptop pulang ke rumah (padahal biasanya saya menyimpan laptop dikantor). 


04.30 PM 
seperti biasa, saya pulang menuju kantor mas suami menggunakan taksi online. saat sedang asik ngobrol dengan drivernya, saya ngerasa ada yang aneh dengan perut saya. ada perasaan seperti mau datang bulan, tapi tidak nyeri, hanya ada rasa kurang nyaman di perut. kadang terasa mengembang, lalu tidak lama mengecil lagi. rasa kurang nyaman ini makin lama makin sering muncul. karena jalanan sangat macet menjelang buka puasa, saya jadi kehabisan ide ngobrol dengan pak driver, dan iseng-iseng saya mencoba aplikasi kontraksi yang sudah dari sebulan lalu saya nantikan saat-saat menggunakannya. eh ternyata...

rasa kurang nyaman diperut udah mulai rutin sekitar 8-10 menit sekali. saya yang saat itu blank banget soal rasanya kontraksi langsung menelpon mama buat minta petunjuk *dikira wangsit
saya : mah, aku tuh agak-agak kaya mau dapet deh
mama : hah gimana? 
saya : kalo kontraksi kaya apa sih?
mama : ya gitu kaya mules mau dapet, mules ga
saya : (diem, ngerasa-rasa) hmm iya kali, kaya mengembang gitu perutnya hehe. 
mama :waduh, bener tuh.  yaudah sekarang dimana? cepet ke rumah sakit aja nanti macet 
saya : yah dijalan pulang mah, lagian pengen mandi 
dan berakhir dengan saya dimarahin karena udah jelas ada tanda-tanda mules masih pengen pulang kerumah untuk mandi. 

akhirnya, sampai kantor suami saya langsung bilang kalau kayanya saya mules dan disuruh ke dokter oleh mama. seketika mas suami panik dan ikutan protes kenapa pulang kantor ga langsung ke rumah sakit malah mau pulang ke rumah. alhasil, kami harus menerjang macet di jam buka puasa dari soekarno hatta menuju rumah sakit di daerah riau (orang bandung pasti tau macetnya seperti apa ya hehe). tapi karena saya memang ga merasa mules gimana gitu seperti yang saya baca di blog-blog orang, kami memutuskan untuk menemani mas suami buka puasa dulu. sayapun ikutan makan, jaga-jaga kalau ternyata benar saya harus lahiran, minimal saya sudah punya energi untuk ngeden hehehe. 

07.00 PM 

sampai dirumah sakit, kami langsung menuju ruang bersalin. sebenarnya kami sama-sama blank tentang prosedur pengecekan menuju persalinan. untungnya tidak lama setelah kami celingak celinguk di ruang bersalin, ada suster yang menghampiri dan membantu mengarahkan kami.
setelah saya menceritakan keluhan saya, suster tersebut dengan sigap menyuruh saya berbaring di kasur dan segera mempersiapkan alat-alat untuk CTG. ternyata, hasil CTG saya menunjukan kontraksi namun baru 20 menit sekali, jauh berbeda dengan hasil pengecekan saya. emang sih, saya merasa saat CTG intensitas mulesnya sangaaat berkurang, apa mungkin karena saya tegang ya sampai lupa rasa mulesnya dan tidak menekan belnya hahaha.

Hasil CTG 

Muka capek menerjang macet campur tegang mau lahiran

suster : masih 20 menit sekali bu
saya : eh? tadi saya cek ko udah 10 menit ya
suster : yaudah cek bukaan ya (muka meragukan pernyataan saya haha)

Dan ternyata cek bukaan itu tidak sakit sama sekali saudara-saudara. saya sama sekali tidak merasa apapun, ya sedikit ada perasaan ga nyaman aja sih tapi sama sekali tidak sakit, tidak seperti yang saya dengar dari pengalaman teman-teman yang sempet bikin saya agak tegang hehe. selesai cek bukaan, saya melihat ekspresi suster yang mengeritkan dahi - bingung. saya mulai curiga nih kayanya...


suster : bukaan 3 bu. saya telpon dokternya dulu ya boleh pulang apa engga


Nahkan!! saya dan mas suami langsung liat-liatan. antara seneng dan ga nyangka bakal secepat ini. perasaan baru kemarin cek tespack, baru kemarin kesenengan USG 4D, eh tau-tau mau lahiran. sambil menunggu suster menghubungi dokter, saya dan mas suami sibuk menghubungi keluarga kami. alhamdulillah mereka bisa langsung menuju Bandung. walau orangtua saya tinggal berbeda kota tapi memang masih cukup dekat dan sudah standby dari sore, jaga-jaga kalau saya harus lahiran malam itu..

foto dulu biar ga tegang


09.00 PM 
akhirnya dokter menyarankan untuk langsung masuk ruang perawatan. saya langsung dengan sigap meminjam gymball ke suster untuk berjaga-jaga kontraksi akan segera datang. sampai ruang perawatan, mama dan papa pun sudah datang. alhamdulillah, lumayan mengurangi ketegangan saya dan mas suami hehehe. kami belum kebayang kalau benar-benar harus menjalani proses persalinan ini hanya berdua. saat itu saya masih bisa jalan-jalan, memesan makanan by gojek untuk sahur, dan ngegosip sama mama. sakitnya sudah mulai terasa, namun masih sangat bisa ditahan. setiap sakitnya muncul, saya mencoba untuk 'goyang inul' untuk mengalihkan rasa sakit sambil menunggu gym ball yang tak kunjung datang.

10.00 PM 

mulai bosen, saya akhirnya memutuskan untuk mandi. mas suami sebenarnya sempet melarang saya mandi karena takut terjadi apa-apa. namun karena saya ngotot dengan alesan bau, akhirnya dia nyerah juga hehe. memang semenjak hamil, mandi adalah salah satu hobi baru saya. mau semalam apapun pulang kerja, saya pasti mandi. oiya, mandi dengan air hangat benar-benar mengurangi rasa sakit loh. selesai mandi rasanya segar sekali, sayapun masih sempat dandan ala kadarnya dulu.
selesai mandi, mama meminta saya untuk tidur terlebih dahulu sembari menunggu pembukaan. namun saya menolak, karena entah kenapa saya malah sangat bersemangat. selain itu tiduran membuat 'gelombang cinta' akan semakin terasa. akhirnya saya memutukan untuk lagi-lagi 'goyang inul' sambil menunggu waktu pengecekan. semakin malam mama mulai gelisah karena sampai jam 11 malam saya masih belum dicek ulang. padahal saat itu kontraksinya sudah mulai teratur (durasi kontraksi 1 menit dengan interval 6-7 menit sekali). mungkin susternya ga yakin saya lahiran malem ini kali ya karena terakhir diperiksapun saya masih biasa aja. akhirnya mama keluar untuk meminta suster melakukan pengecekan. dan ternyata saya harus menuju ruang bersalin yang ada di lantai 2 untuk melakukan pengecekan. suster menawarkan untuk menggunakan kursi roda. namun, karena kontraksinya masih bisa ditahan banget saya memutukan untuk jalan kaki menuju ruang bersalin.
sampai ruang bersalin, saya langsung dicek dalam oleh suster. "bukaan 5 bun, yuk ke ruang bersalin"
duaaar, rasanya mendadak tegang tapi happy. ga kerasa tiba-tiba udah bukaan 5 dan alhamdulillah saya masih belum merasa sakit yang gimana gitu.

11.00PM 

saya, mas suami, dan mama sudah masuk ruang bersalin. eh ternyata ruang bersalin di rumah sakit ini ga menyeramkan loh. tempatnya cukup luas, ada sofa untuk yang menunggu. diruangan ini saya sangat menghindari duduk-duduk cantik di kasur.
selama diruang bersalin, saya sibuk jalan bolak balik demi memperlancar persalinan. untungnya tidak lama kemudian gym ball yang saya pinjam datang. yaiiiy, rasanya nyaman sekali duduk di gymball saat gelombang cinta itu datang. mas suami keliatan kebingungan juga, ini istrinya lagi mules ko malah cengar cengir aja mukanya. bahkan saya sempat berfoto dulu saking excitednya hehehe.

 ruang bersalin di Limijati

mama dan mas suami yang setia menunggu


12.00 AM 
setelah l5menit menghabiskan waktu diatas gymball, saya tiba-tiba kebelet pipis. masuk kamar mandi, dan saya sukses dikagetkan dengan keluarnya banyaknya darah bercampur lendir. saya langsung keluar dari kamar mandi, dan memanggil suster. ga lama kemudian suster menyuruh saya berbaring dikasur dan dilanjut cek bukaan. ternyata sudah bukaan 6-7. rasanya? alhamdulillah masih bisa ditahan. saya tidak menyangka ternyata sudah lebih dari setengah perjalanan dan alhamdulillah saya tidak merasa mules berlebihan. suster menyuruh saya untuk beristirahat karena diprediksi saya akan melahirkan sebentar lagi. tapi saya memutuskan untuk jalan-jalan keliling kamar bersalin dan kemudian dilanjut dengan foto-foto sama mama. kejadian langka perlu diabadikan kan? hehehe. 


 bukaan 6-7, masih sempet foto 

12.30 AM 
'gelombang cinta' mulai semakin kuat dan kali ini sukses membuat saya kelelahan. saya meminta mama untuk memanggilkan suster karena saya merasa mulai kesakitan. tidak lama para suster menghampiri saya (ada 2 suster yang dari awal bergantian memeriksa saya) dan langsung cek bukaan. ya Allah, ternyata sudah bukaan 8 menuju 9. pantes udah mulai terasa krenyes-krenyes nikmat. kali ini rasanya mungkin mirip sama yang sering dideskripsikan orang-orang. karena sudah mulai kesakitan, saya meminta mas suami untuk menghitung jeda kontraksi. saat menghitung jeda kontraksi, mas suami sempet bilang "wah kayanya pas subuh nih by kamu melahirkan". rasanya agak kesel sih dengernya, karena sakitnya sudah mulai luar biasa dan tidak terbayang kalo sampai harus menunggu waktu subuh. 

1.00 AM 
'gelombang cinta' terasa semakin dahsyat dan sangat rapat bahkan hampir tanpa jeda. saya yang saat itu sudah tidak diperbolehkan turun dari kasur mulai gelisah. sedikit-sedikit minta dipanggilkan suster untuk cek bukaan. tapi hasilnya nihil, bukaan tidak kunjung lengkap. ditahap ini, saya sudah ditemani seorang suster entah bidan yang setia memberikan semangat untuk saya menahan 'gelombang cinta'. beliau dengan sabarnya menunggu sambil mengelus-elus setiap saya mulai kesakitan.
saya sangat bersyukur karena saat itu saya juga ditemani mas suami dan mama, sehingga setiap 'gelombang cinta' itu datang saya bisa memeluk mereka bergantian. tidak, saya tidak jambak-jambak, mukul-mukul, atau marah-marah sama mas suami seperti yang sering digambarkan orang-orang. entah kenapa saya tidak ada pikiran untuk melakukan hal tersebut. saya cuma mau dipeluk, dan tentu mau mengejan hehehe. ada kalanya saya sudah tidak kuat dan sempat menangis sambil memeluk mama sambil meminta maaf karena ingat dosa-dosa saya sama mama. ternyata perjuangan menjadi ibu sedahsyat ini. 


jeda dan lama kontraksi saat menunggu bukaan lengkap'

03.30 AM 
saya sudah semakin tidak kuat. rasanya semakin luar biasa. rasa sakit menahan ingin mengejan, ditambah mengantuk bercampur jadi satu. kalau kata mas suami, saya sempet seperti mengigau hehe. pada tahap ini saya juga mulai kecolongan dengan teriak-teriak karena sudah tidak kuat. 
"udaaah, pengen udahan aja gamau lahiran" 
"mau ngedeeeen gakuat" 
"udah boleh beluum"
"ngantukk ayo ngeden" 

04.00 AM
ruangan makin ramai didatangi beberapa suster yang akan membantu persalinan. tapi sampai saat itu dokter belum juga datang, padahal rumahnya tepat dibelakang rumah sakit. saat itu saya sempat berfikir "jangan-jangan masih lama nih bukaannya makanya dokter ga datang". duh padahal udah mules banget.  
sampai akhirnya saya ada difase tertinggi dimana saya sudah tidak kuat lagi. saya mulai berteriak kesakitan, dan memohon agar diperbolehkan mengejan. tapi suster masih melarang karena bukaan saya belum lengkap. suster tersebut sibuk mengecek saya berulang-ulang mencari tau kenapa bukaannya tidak bertambah. 

suster : "bu, ini bayi terhalang sama kandung kemih yang penuh jadi susah turun. ibu pipis dulu ya"
saya : hah, gabisa sus
suster : dikasur aja gapapa bu
saya: saya gamau pipis suuus
suster : mau bu,ini airnya banyak jadi adeknya susah turun
saya : gamau pipis sus, ga tau rasanya mau pipis kaya apa
suster : yaudah saya pasang kateter ya. 

iya, saking sakitnya saya sudah tidak bisa lagi merasakan rasanya ingin  pipis. yang ada cuma ingin mengejan, titik. mas suami yang dari awal tidak pernah melepas pegangan tangan saya mengusap-usap kepala sambil membacakan beberapa doa dan memandu saya untuk berzikir agar dipermudah proses persalinannya. 
tidak lama setelah dikateter dan air pipis keluar,  akhirnya kata-kata sakti itu keluar dari mulut suster : "mau ngeden bu? ya yuk boleh sekarang" 
alhamdulillah, saya langsung bersemangat dan merapihkan posisi berbaring saya. saya mulai mengambil posisi mengejan yang selama ini sering diajarkan dikelas pilates.
saat diarahkan untuk mengejan, saya teringat ekspresi suster catur (pelatih yoga) saat mempraktekan cara mengejan yang benar. selain itu saya juga masih bisa membayangkan beberapa adegan melahirkan yang saya tonton di youtube, hahaha. alhamdulillah saya masih bisa mengingat semuanya sehingga tidak kesulitan memposisikan badan. 
dua kali mengejan, ko kaya ga ada yang keluar. ngeden lagi, ga bisa juga. ternyata mengejan tidak semudah itu saudara-saudara. susah!. setiap kali mengejan saya merasa tidak ada perubahan, adik bayi seperti belum ingin turun. sampai akhirnya saya mulai kelelahan dan nyaris putus asa. saat itu saya mulai berteriak lagi, ya Allah, Allahu Akbar setiap rasa sakit itu muncul. namun dicoba berkali-kali adik bayi tidak kunjung keluar. hampir saja saya putus asa. tapi saya melihat wajah mama yang masih bersemangat sambil memegang lengan saya. mas suami juga tidak kalah semangat sambil membacakan doa-doa setiap kali saya berteriak kesakitaan. masya allah, saya sangat bersyukur bisa menjalani salah satu proses terberat dalam hidup saya dengan didampingi orang-orang yang saya sayangi. 
tidak lama saya melihat dr Kinky masuk ke ruangan bersalin. beliau hanya mengenakan kaos, celana jeans, dan sendal jepit, santai sekali. dr Kinky mulai bersiap-siap, dan seketika rasa percaya diri dan semangat saya kembali lagi. sayup-sayup saya mendengar suara dr Kinky menggunting jalan lahir, ah sudah tidak terasa sakitnya dibandingkan harus menahan sakitnya gelombang cinta. semakin lama saya merasa gelombang cinta datang tanpa jeda, sepertinya adik bayi semakin cepat ingin keluar. saya yang mulai lelah berusaha mengembalikan semangat, dan berusaha mengejan lagi, namun gagal lagi. 
mas suami yang sudah kasian melihat saya sempat bilang kepada dokter, "dok bisa istirahat dulu? kasian istri saya". memang, sakit dan lelahnya sangat luar biasa. dua gelas teh manis sudah saya habiskan untuk menambah energi, tapi tetap saja lelah. bahkan saya sempat mengantuk ditengah-tengah proses mengejan dan berteriak ingin berhenti. 

"udah udah, capek, gamau lahiran" 
"udahan aja mau tidur" 

tapi gelombang cinta yang datang bertubi-tubi itu sudah tidak bisa menunggu. bismillah, akhirnya saya mengumpulkan semangat kembali untuk melanjutkan prosesnya. 

tiba-tiba pukul 04:35.... 
suara tangis bayi pecah didalam ruangan itu, berbarengan dengan suara adzan subuh yang berkumandang dan terdengar hingga keseluruh ruangan.
alhamdulillah wa syukurillah allahuakbar..


Namira Adzani Hanfiah
31 Mei 2017 - 04:35 WIB
Perempuan
2,920 gr - 49cm

Ya Allah, rasanya lega sekali. akhirnya  saya bisa melihat bayi mungil yang selama 9 bulan ini saya rindukan kehadirannya.saat itu saya merasa sangat ngantuk dan setengah sadar saat dokter menunjukan adik bayi. saya belum terlalu memperdulikan adik bayi yang baru lahir, saya hanya ingin istirahat. sambil menyelesaikan proses jahit menjahit, adik bayi diukur terlebih dahulu dan dibersihkan sekenanya dan langsung diadzani oleh mas suami. 
selesai diadzani, adik bayi langsung dibawa dan ditidurkan diatas dada saya untuk proses IMD. saat itulah tangis saya baru pecah tidak terkendali.  terharu,bahagianya luar biasa.. saya melihat wajah mama berkaca-kaca, mengelus kepala saya dan mengucapkan selamat atas kelahiran adik bayi. mas suami? selesai mengadzani dan menemani saya dalam proses jahit menjahit, dia langsung duduk lemas kecapean. wajahnya sudah pucat sekali. maklum, proses persalinan 4 jam terakhir ternyata bukan hanya menguras tenaga saya saja, tapi yang menemani prosesnya juga hehehe. 

akhirnya, terlewati juga proses persalinan ini. kalau ada yang tanya sakit atau engga, jawabanya relatif. sakit memang ada, tapi rasa sakitnya tergantung gimana cara kita menanggapi setiap kali datangnya gelombang cinta itu. setiap rasa sakit yang saya rasakan saya anggap sebagai percepatan langkah  menuju bertemu adik bayi. kalau sakitnya seperti itu, siapa yang bisa menolak?
oiya, peran keluarga juga sangat penting dalam menentukan akan seperti apa proses persalinan yang dihadapi. saya sangat bersyukur dipersalinan pertama saya ini bisa ditemani oleh suami, mama, dan papa. semangat mereka seolah-olah bisa ditransfer ke saya sehingga saya mampu menghadapi persalinan yang kalau saya bayangin sekarang, saya masih tidak menyangka bisa melewatinya.
yang pasti, proses persalinan yang saya jalani sama sekali tidak membuat saya kapok untuk melahirkan lagi. :) 
The Hanafiah's 

PS : untuk calon-calon ibu yang sedang menunggu waktu melahirkan, don't worry semuanya pasti akan terlewati. insya allah :) 

3 comments:

  1. Teeeeh...aku ikut haru bacanya ikut degdegan berdebar, sampe ikutan nangis huhuhu teeeh selamat yaa Sekali Lagi mudah2an Namira jd anak yg sholeh yg berbakti kpd kedua Orang Tua nya aamiin.... Aku juga smpt ada perasaan takut teh menghadapi persalinan nanti, setelah baca postingan teteh ini mulai ada gambaran kaya gmna, makasiiiiihhh teh Wiiid atas blog nya ini, btw aku selalu baca loooh gak ada yg kelewat hihihiii

    ReplyDelete
  2. Jadi inget proses lahiran setaun lalu yang harus diinduksi. Rasanya memang luar biasa yaa.. Pas ngerasain mules yang super kuat, rasanya pengen nyerah aja, tapi ternyata Allah udah mempersiapkan tubuh seorang Ibu supaya bisa ngelewatin nikmatnya melahirkan.. Sehat-sehat baby N..

    ReplyDelete
  3. Tetehh selamat buat kelahiran putrinya. Kebetulan aku konsul ke dokter kingky juga. Aku bisa minta no WA ato email teteh buat sharing2? Nuhun

    ReplyDelete